Internet Access, Internet Mobile Access, Or.. Social Network Access?
Internet Access, Internet Mobile
Access, Or.. Social Network Access?
Dewasa ini, seluruh aspek kehidupan manusia banyak
dipengaruhi oleh teknologi. Teknologi yang paling banyak mempengaruhi kehidupan
saat ini adalah teknologi internet. Indonesia saat ini menduduki posisi 5 besar
diantara negara dunia lainnya. Hasil studi Yahoo! Inc. menyatakan dua tren
khusus penggunaan internet di Indonesia:
- Pertama, selama dua tahun terakhir, penggunaan telepon seluler (ponsel) di Indonesia menjadi penggerak utama pertumbuhan penggunaan internet di Indonesia, dimana ponsel menjadi media kedua paling banyak digunakan (55%) setelah televisi (100%).
- Kedua, pertumbuhan internet juga dikaitkan dengan bergesernya demografi dimana grup dengan usia yang relatif lebih tua (30-50 tahun) mulai ikut menggunakan internet di Indonesia.
Ternyata, di Indonesia yang
populer bukan internetnya, tapi mobile
accessnya! Bayangkan berapa ponsel yang bertebaran disekitar kita. You even see people who have more than two
phones! Percaya atau tidak, Blackberry pun terkadang dianggap produk yang
berbeda dari ponsel. Coba deh, Anda bertanya kepada beberapa pengguna
Blackberry, “mana handphone lu?”
jawaban yang mungkin akan muncul adalah “gue
ga pake handphone, sekarang pake Blackberry” Err..
Kalau dulu para anak muda
beramai-ramai menggunakan messenger
application seperti Yahoo! dan MSN, sekarang aplikasi yang digunakan tidak
jauh-jauh dari BBM atau WhatsApp. Tren penggunaan aplikasi mobile ini makin
menjadi lebay akhir-akhir ini.
Bayangkan, ketika server RIM untuk BBM di asia pasifik mengalami error beberapa saat yang lalu, berapa
banyak orang-orang disekitar kita yang membahas, mengeluh, bahkan hingga memaki
produsen Blackberry, padahal fitur SMS masih dapat digunakan dengan baik untuk
berkomunikasi, somewhat perilaku ini
terlihat absurd.
Sebenarnya, tren internet mobile access ini bertumbuh
pesat di Indonesia bukan karena adanya gadgets
tersebut, namun munculnya social media-lah yang mengendorse perilaku penggunaan internet di
Indonesia. Bayangkan! mbok-mbok di
pasar lagi ngomongin temennya via
facebook, adik-adik kecil kita asik twitteran di smartphone, bahkan kadang papi
mami, ayah bunda, om tante
menginformasikan arisan via social media
juga, bahkan sekarang jamannya undangan pernikahan via facebook, oh my God! Para perusahaan gadgets tersebut tidak akan pernah
sukses di negara kita tanpa adanya para fesbukers,
tweeps, dan netizen lainnya yang membutuhkan alat-alat tersebut. Well, saya berani jamin hanya sedikit
pengguna Blackberry menggunakan email
push, tapi hampir semua pengguna menggunakan aplikasi facebook atau twitter
di dalamnya.
Hal ini tidaklah selalu memiliki
dampak negatif, meluasnya penggunaan internet dan social media di Indonesia juga merangsang tumbuhnya usaha-usaha
kecil masyarakat via internet. Coba Anda hitung berapa jumlah online shop yang
muncul setahun belakangan ini, mulai dari penjualan makanan, kosmetik, baju,
hingga pakaian dalam! Reputasi yang dibangun via jejaring sosial ini dirasa
ampuh menjadi modal bisnis yang menguntungkan, bahkan paper studi dari Stanford University (The Role of Social Networks in Online Shopping: Information Passing,
Price of Trust, and Consumer Choice - Stephen Guo, Mengqiu Wang, Jure Leskovec,
2011) mengenai perilaku konsumen di online shop mengatakan bahwa:
- Komunikasi yang baik antara penjual dan pembeli adalah faktor yang sangat penting dalam aktivitas transaksi
- Kepercayaan dalam bertransaksi menjadi modal utama dari penjual untuk dapat bertahan dalam persaingan
- Jejaring sosial menjadi alat utama dalam memprediksi bagaimana konsumen memilih toko yang mereka inginkan
Begitu banyaknya jejaring sosial
yang seliweran di sekitar kita dapat
menjadi peluang besar dalam banyak aspek, baik positif maupun negatif, bisa
menguntungkan bisnis, sekaligus dengan mudah meruntuhkan bisnis dalam sekejap.
Hal ini diibaratkan koin dengan dua sisi, atau pisau bermata dua, tergantung
bagaimana cara memanfaatkannya.
Anyway, what is
important now, Internet Access,
Internet Mobile Access, Or.. Social
Network Access? (CBA)
Source Paper: http://goo.gl/Lc4Dwn
Leave a Reply